IMPLEMENTASI CRM UNTUK LAYANAN SERVIS MOTOR STUDI KASUS : BENGKEL ANDA MOTOR – YOGYAKARTA

JASCHA FABIO PETTA (2025) IMPLEMENTASI CRM UNTUK LAYANAN SERVIS MOTOR STUDI KASUS : BENGKEL ANDA MOTOR – YOGYAKARTA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72190309_Bab 1_Bab 5_Daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Sistem Informasi)
72190309_Bab 2-sd-Bab 4_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi, Bengkel AndaMotor merupakan usaha perusahaan yang memberikan layan perawatan pada kendaraan bermotor. Pada bengkel ini, penulis menemukan beberapa permasalahan utama, yaitu kurangnya pemahaman pelanggan tentang pentingnya servis berkala, proses penerimaan servis yang masih manual, serta kurangnya fitur yang dapat menarik minat dan mempertahankan loyalitas pelanggan lama. Aplikasi yang dirancang menawarkan berbagai fitur, seperti pengingat (reminder) jadwal servis berdasarkan riwayat servis terakhir, pemberian layanan promo, dan akses mudah pelanggan untuk mengajukan servis dan melihat riwayat servis mereka. Sistem ini dirancang menggunakan perangkat lunak seperti Visual Studio Code, MySQL, dan XAMPP, serta dijalankan pada perangkat keras dengan spesifikasi yang mendukung. Metode pengumpulan data meliputi studi pustaka, observasi, perancangan sistem, dan pengujian sistem untuk memastikan aplikasi memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam proses pengajuan layanan bengkel secara digital, meningkatkan layanan bengkel, dan meminimalkan kesalahan dalam pengelolaan data servis. Selain itu, fitur reminder servis dan penawaran promo jug membantu meningkatkan kepuasan pelanggan, mempertahankan loyalitas, serta mendukung strategi bisnis bengkel dalam menghadapi persaingan pasar

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management (CRM), servis motor, aplikasi berbasis web, loyalitas pelanggan, bengke
Subjects: Q Ilmu Pengetahuan > Matematika > Perangkat Lunak (Software) Komputer
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Shendiana Siallagan
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:04
Last Modified: 15 Jul 2025 02:04
URI: http://repository.ukdw.ac.id/id/eprint/9992

Actions (login required)

View Item View Item