SISTEM PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN FASILITAS DI LEMBAGA PELAYANAN KEROHANIAN, KONSELING DAN SPIRITUALITAS KAMPUS UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA

STEPANI APU (2025) SISTEM PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN FASILITAS DI LEMBAGA PELAYANAN KEROHANIAN, KONSELING DAN SPIRITUALITAS KAMPUS UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informasi)
72210511_bab1_bab4_daftarpustaka.pdf

Download (8MB)
[img] Text (Skripsi Informasi)
72210511_bab2-sd-bab3_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Lembaga Pelayanan Kerohanian, Konseling, dan Spiritualitas Kampus (LPKKSK) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) merupakan lembaga yang mendukung berbagai kegiatan yang memerlukan pemanfaatan ruang dan perlengkapan secara teratur. Selama ini, pengelolaan inventaris oleh LPKKSK masih dilakukan dengan menggunakan beragam media, seperti formulir kertas, spreadsheet digital, dan komunikasi lisan. Kondisi tersebut menimbulkan sejumlah kendala, diantaranya kesulitan dalam memantau ketersediaan fasilitas, adanya konflik jadwal peminjaman, serta pencatatan yang tersebar dan mudah rusak. Oleh karena itu, proyek ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem informasi berbasis web yang mampu menggabungkan berbagai proses manajemen inventaris di LPKKSK dalam satu platform yang dapat digunakan oleh pengguna sesuai peran masing-masing. Kendala – kendala yang dialami oleh pihak LPKKSK dalam manajemenen inventarisnya akan diatasi dengan dibangunnya sebuah sistem informasi pengelolaan inventaris berbasis web. Sistem yang dibangun mencakup fungsi utama seperti pengelolaan data fasilitas mencakup ruang dan perlengkapan, peminjaman dan pengembalian fasilitas mencakup kapel dan perlengkapan, serta pengusulan pengadaan, perbaikan, dan penghapusan perlengkapan. Pengembangan dilakukan menggunakan metode Extreme Programming (XP), yang memfasilitasi pengembangan perangkat lunak secara bertahap berdasarkan masukan langsung dari pengguna. Sementara itu, proses pengujian dilakukan menggunakan metode User Acceptance Test (UAT) guna memastikan sistem dapat digunakan sesuai kebutuhan pengguna tanpa menguji bagian dalam kode. Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem ini dapat membantu LPKKSK dalam mengurus administrasi inventaris serta meminimalisir masalah – masalah peminjaman yang sebelumnya terjadi. Proses pencatatan peminjaman dan pengembalian jadi lebih mudah karena tidak lagi menggunakan cara manual. Informasi mengenai ketersediaan kapel dan perlengkapan juga bisa langsung dilihat oleh pengguna pada sistem. Staf pengelola inventaris bisa mengajukan permintaan pengadaan, perbaikan, atau penghapusan perlengkapan, xvi dan usulan tersebut bisa langsung diperiksa oleh kepala unit. Selain itu, sistem juga menyediakan dashboard yang menampilkan data inventaris agar pengguna bisa memantau semua kegiatan yang sedang berjalan.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, manajemen inventaris, extreme programming, user acceptance test
Subjects: T Teknologi > Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Arta Adi Pratama
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:24
Last Modified: 29 Oct 2025 03:24
URI: http://repository.ukdw.ac.id/id/eprint/10306

Actions (login required)

View Item View Item