DESAIN PERMAINAN PENGENALAN TEKSTUR PADA KAIN UNTUK DIFABEL NETRA 5-9 TAHUN

EMMANUEL ERLANDA PRAMUDYA PUTRA (2025) DESAIN PERMAINAN PENGENALAN TEKSTUR PADA KAIN UNTUK DIFABEL NETRA 5-9 TAHUN. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Desain Produk)
62190147_Bab1_Bab5_daftarpustaka.pdf

Download (5MB)
[img] Text (Skripsi Desain Produk)
62190147_Bab2 -sd- Bab4_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kurangnya interaktivitas dalam media pembelajaran pra membaca Braille tahap 1 yaitu kepekaan indra peraba di SLBN 1 Bantul. Observasi diselenggarakan untuk mengidentifikasi kegiatan pembelajaran pra membaca Braille dari aspek media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesenjangan antara media pembelajaran bertekstur dengan kecenderungan pengguna difabel netra, dan rasa mudah bosan anak difabel netra. Rekomendasi desain yang dihasilkan menekankan bahwa alat permainan edukasi pengenalan tekstur yang menyenangkan dan interaktif dapat menjadi sumber daya berharga dalam membantu anak-anak penyandang disabilitas tunanetra dalam memulai pembelajaran membaca Braille. Proses perancangan dilakukan dengan melibatkan guru, pendamping, dan siswa tunanetra di SLB melalui uji coba prototipe, uji penggunaan produk dan wawancara. Hasil dari uji produk pada pengguna dan wawancara tersebut digunakan untuk menyempurnakan produk dan memberikan saran pengembangan lebih lanjut.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukasi, Pengenalan Tekstur, Membaca Braille, Interaktif
Subjects: L Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Desain Produk
Depositing User: Gabby Sembiring
Date Deposited: 03 Oct 2025 07:03
Last Modified: 03 Oct 2025 07:03
URI: http://repository.ukdw.ac.id/id/eprint/10096

Actions (login required)

View Item View Item