INKLUSI DAN KESETARAAN DALAM PENDIDIKAN BAGI GENERASI ALPHA DI YOGYAKARTA DAN AMBON

Febby Nancy Patty and Agusthina Siahaya and Jozef M.N. Hehanussa and Weldemina Yudit Tiwery and Sjeni Liza Souisa (2025) INKLUSI DAN KESETARAAN DALAM PENDIDIKAN BAGI GENERASI ALPHA DI YOGYAKARTA DAN AMBON. Research Report (Lecturer). Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
Laporan Penelitian Bersama (Jozef Hehanussa dan IAKN AMbon).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi prinsip inklusi dan kesetaraan dalam pendidikan bagi Generasi Z di tiga perguruan tinggi keagamaan di Indonesia, yaitu Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon, dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang menjadi dasar analisis antara lain Universal Design for Learning (Burgstahler), Equity Pedagogy (Banks), dan pendekatan pendidikan multikultural (Banks). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga institusi telah mengupayakan penerapan prinsip inklusi dan kesetaraan melalui adaptasi kurikulum, pendekatan pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan mahasiswa, penggunaan teknologi yang ramah bagi Generasi Z, serta upaya pembangunan infrastruktur yang inklusif. Di sisi lain, penelitian ini juga menemukan tantangan signifikan seperti keterbatasan akses terhadap teknologi bagi mahasiswa dari wilayah tertinggal, infrastruktur fisik yang belum sepenuhnya ramah difabel, dan belum meratanya kesadaran inklusivitas di kalangan tenaga pendidik dan ketersediaan kurikulum khusus. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan bagi dosen, penguatan kebijakan institusional yang mendukung inklusi, serta penyediaan layanan pendukung yang menyeluruh bagi mahasiswa berkebutuhan khusus.

Item Type: Project Report (Research Report (Lecturer))
Uncontrolled Keywords: pendidikan inklusif, kesetaraan, generasi Z, pendidikan tinggi, nilai agama, desain universal
Subjects: B Filsafat. Psikologi. Agama > Filsafat (Umum)
L Pendidikan > Lembaga Individu (Indonesia)
Depositing User: Arta Adi Pratama
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:07
Last Modified: 30 Jul 2025 02:07
URI: http://repository.ukdw.ac.id/id/eprint/10083

Actions (login required)

View Item View Item