PENGEMBANGAN PRODUK MULTIWAY POUCH DENGAN KONSEP MIX AND MATCH STYLE GEN Z PADA BRAND "SETARA"

LETTICIA VIONA SETIA DHARMA (2025) PENGEMBANGAN PRODUK MULTIWAY POUCH DENGAN KONSEP MIX AND MATCH STYLE GEN Z PADA BRAND "SETARA". Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Desain Produk)
62200174_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Skripsi Desain Produk)
62200174_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 8 March 2027.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Setara hadir sebagai salah satu rintisan usaha yang berangkat dari keresahan anak muda akan adanya isu limbah dan isu batasan dalam berekspresi. Rintisan usaha ini bergerak dalam bidang fesyen, salah satu bidang yang memiliki andil besar dalam keseluruhan industri kreatif Indonesia saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif solusi desain yang didasarkan pada kebutuhan atau karakteristik fesyen Gen Z (kelahiran tahun 1997-2012). Penelitian diawali dengan studi literatur, eksplorasi material sederhana, kuesioner, observasi, wawancara, dan pengembangan produk menggunakan metode kreatif SCAMPER. Hasil penelitian yang menunjukkan kecenderungan akan adanya konsep mix and match fesyen yang dimiliki oleh Gen Z menjadi fokus pembahasan utama dalam penelitian ini. Berdasarkan data yang didapatkan, Setara hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut melalui pengembangan produk berupa multiway pouch yang menawarkan berbagai mode penggunaan, bergantung pada kebutuhan dan kebebasan penggunanya. Multiway pouch Setara menawarkan variasi berupa dua bentuk yang berbeda dengan empat perpaduan warna earth tone hasil olahan patchwork. Secara keseluruhan, penelitian ini berfokus pada sembilan blok diagram yang dirancang menjadi alat bisnis Business Model Canvas (BMC). Setiap blok memiliki peran dan tujuan yang saling berkaitan untuk mencapai keseluruhan value propositions dari Setara. Upaya penjualan dan pemasaran juga telah dilakukan dengan berbagai cara, baik secara online maupun offline. Setara juga telah berhasil melakukan pendekatan yang lebih nyata, salah satunya dengan menyajikan wadah user-experience yang dikemas dengan mempertimbangkan aspek yang dibutuhkan untuk meningkatkan engagements.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Fesyen, Gen Z, Mix and Match, Patchwork, SCAMPER
Subjects: N Seni Rupa > Seni Dekoratif. Seni Terapan. Dekorasi dan Ornamen
N Seni Rupa > Seni Umum
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Desain Produk
Depositing User: Mayriska Eliana
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:48
Last Modified: 07 Oct 2025 03:48
URI: http://repository.ukdw.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

View Item View Item