PERANCANGAN BOARD GAME BERBASIS WAYANG MAHABHARATA UNTUK PENGENALAN TOKOH DAN KARAKTER PANDAWA KEPADA SISWA KELAS 5-6 SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD MARSUDIRINI

LEONARD DANIEL WINARTO (2025) PERANCANGAN BOARD GAME BERBASIS WAYANG MAHABHARATA UNTUK PENGENALAN TOKOH DAN KARAKTER PANDAWA KEPADA SISWA KELAS 5-6 SEKOLAH DASAR STUDI KASUS DI SD MARSUDIRINI. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Desain Produk)
62200156_bab1_bab5_daftarpustaka.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Skripsi Desain Produk)
62200156_bab2-sd-bab4_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 8 March 2027.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Wayang adalah salah satu budaya Indonesia yang memiliki nilai luhur bagi masyarakat Indonesia, salah satunya dalam cerita Mahabharata. Nilai tersebut terancam punah karena generasi muda seperti siswa sekolah dasar lebih tertarik dengan tontonan dan permainan dari luar, meskipun budaya tersebut mengandung hal-hal yang belum pantas dikonsumsi mereka. Di sekolah pun siswa mudah bosan dan lupa dengan pelajaran wayang yang disampaikan guru karena cara penyampaian yang terlalu teoritis. Penelitian ini bertujuan untuk merevitalisasi wayang untuk mengenalkan kembali tokoh dan karakternya kepada siswa dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Metode ATUMICS dan penelitian kualitatif digunakan untuk memperbarui wayang sesuai dengan ketertarikan siswa sekolah dasar jaman sekarang tanpa menghilangkan unsur pakem dari wayang seperti cerita, tokoh, dan karakternya melalui produk permainan board game. Board game dirancang dengan mengaplikasikan cara belajar interaktif bermain peran yang menyajikan permainan kompetitif antar pemain sembari belajar tentang sifat dan nilai karakter dari tokoh wayang, Produk dapat menjadi sarana mengenalkan wayang bagi guru kepada siswa di sekolah dan menjadi alat permainan yang ringan bagi siswa di waktu luang. Kata kunci : wayang Mahabharata, karakter, siswa sekolah dasar, guru, ATUMICS, board game, interaktif.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: wayang Mahabharata, karakter, siswa sekolah dasar, guru, ATUMICS, board game, interaktif.
Subjects: N Seni Rupa > Seni Umum
Divisions: Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Desain Produk
Depositing User: Mayriska Eliana
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:53
Last Modified: 07 Oct 2025 03:53
URI: http://repository.ukdw.ac.id/id/eprint/10049

Actions (login required)

View Item View Item