THE USE OF YOUTUBE AS SUPPLEMENTARY MATERIALS IN EFL CLASSROOM: STUDENTS’ & TEACHERS’ BELIEFS

DOLLY EZRA AGUSTIN SIRAIT (2025) THE USE OF YOUTUBE AS SUPPLEMENTARY MATERIALS IN EFL CLASSROOM: STUDENTS’ & TEACHERS’ BELIEFS. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180054_Bab 1_Bab 5_Daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81180054_Bab 2-sd-Bab 4-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 8 March 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini dilakukan untuk menentukan sejauh mana dan juga keyakinan siswa dan guru terhadap penggunaan YouTube sebagai bahan tambahan di kelas EFL. Ada 3 guru dan 6 siswa dari sebuah universitas swasta di Indonesia yang terlibat dalam penelitian ini. Satu kelas juga diamati sebagai bentuk studi kualitatif untuk mengumpulkan informasi rinci dan kronologi penggunaan YouTube di kelas EFL. Metode kualitatif dalam bentuk wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam dari peserta terpilih mengenai keyakinan mereka tentang penggunaan YouTube sebagai materi tambahan di kelas EFL. Studi ini memaparkan informasi rinci tentang peserta, penggunaan, dan kronologi YouTube sebagai materi pendamping rencana pelajaran pada saat itu. Selain itu, hasil wawancara menunjukkan tiga keyakinan siswa dan guru mengenai YouTube sebagai bahan tambahan. Mereka adalah YouTube secara efektif membantu siswa memahami materi bahasa Inggris dengan lebih baik, YouTube memperkaya kosakata dan meningkatkan kemampuan mendengarkan, dan YouTube lebih disukai dibandingkan dengan buku teks konvensional atau materi standar. Selain itu, penggunaan YouTube sebagai bahan tambahan akan lebih sempurna jika dikombinasikan dengan buku teks konvensional. Oleh karena itu, guru perlu memiliki berbagai strategi dan metode pengajaran untuk menyelaraskan penggunaan YouTube dengan tujuan pembelajaran. Guru juga perlu terbuka terhadap umpan balik siswa dan terus merenungkan pengajaran mereka untuk terus berkembang di masa depan.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: materi tambahan, YouTube, keyakinan, Bahasa Inggris sebagai bahasa asing
Subjects: P Bahasa dan Literatur > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Kependidikan dan Humaniora > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mayriska Eliana
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:29
Last Modified: 16 Jul 2025 03:29
URI: http://repository.ukdw.ac.id/id/eprint/10011

Actions (login required)

View Item View Item