PERANCANGAN APLIKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL TIFA BERBASIS MOBILE

FRANGKI STEFANI SAYA (2025) PERANCANGAN APLIKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL TIFA BERBASIS MOBILE. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informatika)
71180382_Bab 1_Bab 5_Daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Skripsi Informatika)
71180382_Bab 2-sd-Bab 4_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Alat musik tradisional biasanya dipakai untuk menjadi pengiring musik sejak zaman dahulu dalam berbagai kegiatan dan acara tradisional. Namun seiring dengan berkembangnya perkembangan teknologi, minat terhadap alat musik tradisional semakin menurun terutama untuk generasi sekarang. Salah satu alat musik tradisional khas Indonesia timur adalah tifa, terutama untuk kepulauan Papua dan Maluku. Tifa digunakan peneliti karena tifa merupakan alat musik ritmis yaitu bit nada yang dihasilkan tidak begitu kompleks. Dengan minat generasi sekarang yang cenderung lebih mengenal dan tertarik dengan alat musik modern, informasi yang banyak diakses lebih banyak untuk alat musik modern daripada alat musik tradisional, oleh sebab itu dibutuhkan sistem aplikasi yang dapat mengenalkan alat musik tifa. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang memudahkan pengguna untuk mengetahui cara memainkan dan mengenal alat musik tifa. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode Goal-Directed Design (GDD) dengan melewati tahapan research, modelling, requirements, framework, refirement, dan support. Pengujian pada penelitian ini menggunakan Usability Testing dengan didapatkan untuk perhitungan efektivitas mendapatkan hasil 72,96%, hasil ini sudah dapat dikategorikan baik untuk semua fungsi yang ada pada aplikasi dapat sangat efektif dan sesuai dengan kebutuhan dari pengguna. Dari hasil pengujian kepuasan yang dilakukan dengan menggunakan UEQ didapatkan hasil untuk skala dengan ukuran nilai skala dari -1,00 sampai 2,50. Didapatkan Daya Tarik (Attractiveness) mendapat hasil nilai rata- rata sebesar 1,97, skala Kejelasan (Perspicuity) mendapat nilai rata- rata 1,83, skala Efisiensi (Efficiency) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 1,92, skala Ketepatan (Dependability) mendapatkan nilai rata-rata 1,89, skala Stimulasi (Stimulation) mendapat nilai rata-rata sebesar 1,79 dan skala Kebaruan (Novelty) mendapat nilai 1,79.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Goal Directed Design, Effectiveness, Satisfaction, Usability Testing, Mobile App
Subjects: T Teknologi > Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Informatika
Depositing User: Shendiana Siallagan
Date Deposited: 18 Jun 2025 04:50
Last Modified: 18 Jun 2025 04:50
URI: http://repository.ukdw.ac.id/id/eprint/9620

Actions (login required)

View Item View Item