PENGEMBANGAN MODUL SISWA PADA APLIKASI READ AND READ UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN PENGGUNA

WAYAN BERDYANTO (2025) PENGEMBANGAN MODUL SISWA PADA APLIKASI READ AND READ UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN PENGGUNA. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Informasi)
72210481_bab1_bab4_daftarpustaka.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Skripsi Informasi)
72210481_bab2-sd-bab3_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan platform pembelajaran daring Read and Read merupakan hasil kolaborasi antara Fakultas Teknologi Informasi UKDW dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Tidar (UNTIDAR) untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran mandiri. Meski platform telah menyediakan modul latihan berbasis website, tantangan seperti kurangnya keterlibatan mahasiswa pada pembelajaran berbasis modul dan ketiadaan dashboard pemantauan perkembangan menyebabkan rendahnya partisipasi aktif mahasiswa. Sistem Read and Read ini bertujuan untuk menyempurnakan elemen interaktif seperti sistem badge, point, dan dashboard mahasiswa, serta meningkatkan kemudahan pengelolaan modul bagi admin. Metode pengembangan sistem mencakup analisis kebutuhan, perancangan ulang use case dan Entity Relationship Diagram (ERD), Data Flow Diagram (DFD), Activity Diagram, serta implementasi fitur-fitur seperti challenge package yang menggabungkan materi dengan batasan percobaan, penilaian otomatis, dan penghargaan berbasis point. Hasil pengembangan meliputi antarmuka admin yang lebih intuitif untuk mengelola modul dan badge, serta dashboard mahasiswa yang memvisualisasikan progres latihan, total point, dan badge yang diperoleh. Pengujian fungsionalitas menunjukkan bahwa fitur-fitur baru berhasil diintegrasikan tanpa mengganggu tujuan pembelajaran utama. Dampak yang diharapkan adalah peningkatan motivasi mahasiswa melalui mekanisme reward sederhana serta efisiensi manajemen konten pembelajaran. Dibuatnya sistem ini menjadi langkah strategis dalam mendukung transformasi pembelajaran digital yang interaktif dan berkelanjutan.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Modul Latihan, Badge, Reward, Penilaian Otomatis, Penghargaan Berbasis Point.
Subjects: T Teknologi > Teknologi (Umum)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Arta Adi Pratama
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:07
Last Modified: 20 Oct 2025 07:07
URI: http://repository.ukdw.ac.id/id/eprint/10265

Actions (login required)

View Item View Item