MARCELINO HERMAWAN (2025) PERANCANGAN APE BAGI SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DASAR, DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MANIPULATIF. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.
![]() |
Text (Skripsi Desai Produk)
62210197_Bab1_Bab5_daftarpustaka.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text (Skripsi Desai Produk)
62210197_Bab2 -sd- Bab4_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat permainan edukatif (APE) berbasis pendekatan manipulatif guna meningkatkan kemampuan berhitung dasar siswa tunagrahita ringan dan sedang di SMALB Negeri 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah Design Thinking dengan kerangka Double Diamond dari Design Council. Proses perancangan dilakukan melalui tahapan observasi, wawancara, studi literatur, dan uji coba model berulang terhadap siswa dan guru. Hasil uji coba menunjukkan bahwa APE PlusMinus mampu meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar dan mempercepat proses penghitungan. Desain produk mengintegrasikan permainan papan, media manipulatif, serta sistem penyimpanan terorganisir yang sesuai dengan karakteristik pengguna. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan manipulatif dan interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman matematika dasar pada siswa berkebutuhan khusus.
Item Type: | Student paper (Final Year Projects (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga Edukatif, Tunagrahita, Berhitung dasar, Manipulatif, Design thinking |
Subjects: | L Pendidikan > Aspek Khusus Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Arsitektur dan Desain > Prodi Desain Produk |
Depositing User: | Gabby Sembiring |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 06:26 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 06:26 |
URI: | http://repository.ukdw.ac.id/id/eprint/10105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |