AN ANALYSIS OF INDONESIAN ENGLISH LANGUAGE TEACHER’S STRATEGIES IN IMPLEMENTING DIFFERENTIATED INSTRUCTION

JHON WILLIS LUBIS (2025) AN ANALYSIS OF INDONESIAN ENGLISH LANGUAGE TEACHER’S STRATEGIES IN IMPLEMENTING DIFFERENTIATED INSTRUCTION. Final Year Projects (S1) thesis, Universitas Kristen Duta Wacana.

[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81190078_Bab 1_Bab 5_Daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Pendidikan Bahasa Inggris)
81190078_Bab 2-sd-Bab 4_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu pembelajaran yang dapat memperhatikan murid, dimana pada pembelajaran berdiferensiasi tersebut mengutamakan konten, proses, produk kemudian lingkungan belajar. Pada pembelajaran bahasa inggris dengan pembelajaran berdiferensiasi ini guru harus mampu menciptakan materi pembelajaran yang menarik agar siswa memiliki rasa interested yang tinggi terhadap pembelajaran tersebut, disamping itu guru membuat lingkungan pembelajaran tersebut menjadi nyaman. Dalam hal ini, membutuhkan teknik pembelajaran yang dapat memfasilitasi proses mengajar didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang dimiliki siswa dalam pembelajaran, sehingga dapat ditingkatkan oleh guru pada saat mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan instrumen observasi kelas dan juga wawancara salah satu guru Bahasa inggris yang berada disekolah tersebut. Pada wawancara menunjukkan bahwa memang benar guru menggunakan pembelajaran terdiferensiasi. Saat pembelajaran terdiferensiasi, guru menggunakan strategi saat menerapkannya dalam pembelajaran, kemudian guru juga menghadapi masalah yang ditemukan saat melaksanakan pembelajaran, tetapi guru dapat mengatasi masalah pembelajaran terdiferensiasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran terdiferensiasi, dalam pembelajaran ini, pertama guru menerapkan strategi pada pembelajaran terdiferensiasi dengan cara guru melaksanakan penilaian terhadap kebutuhan dan kemampuan belajar siswa, kemudian guru menerapkan metode mengajar yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa; setelah itu guru dapat membedakan lingkungan belajar siswa dan mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda. Kedua, dalam pembelajaran ini, guru dapat memiliki masalah saat melaksanakan pembelajaran terdiferensiasi, ada tiga masalah saat melaksanakan pembelajaran. Pada awalnya terdapat kesenjangan kemampuan berbahasa Inggris yang cukup besar antara siswa yang satu dengan siswa yang lain, kemudian terdapat kesulitan dalam meningkatkan motivasi siswa dan materi yang terkadang membosankan bagi siswa, setelah itu banyak materi yang tidak dikembangkan dan tidak sesuai dengan generasi saat ini. Ketiga, guru melakukan sesuatu atau cara untuk mengatasi permasalahan yang terjadi ketika guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, guru menugaskan siswa untuk melakukan peer tutoring/peer learning untuk mengatasi kesenjangan kemampuan berbahasa Inggris yang sangat besar antara siswa yang satu dengan siswa yang lain, selanjutnya, guru dapat mengeksplor dan memanfaatkan media interaktif serta platform pembelajaran yang tersedia secara daring untuk mengatasi permasalahan terkait materi yang sudah ketinggalan zaman.

Item Type: Student paper (Final Year Projects (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Pengalaman guru, Penerapan pembelajaran, dan Pembelajaran Berdiferensiasi
Subjects: L Pendidikan > Pendidikan (Umum)
P Bahasa dan Literatur > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Kependidikan dan Humaniora > Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mayriska Eliana
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:35
Last Modified: 16 Jul 2025 03:35
URI: http://repository.ukdw.ac.id/id/eprint/10013

Actions (login required)

View Item View Item